Daftar Blog Saya

Minggu, 23 Oktober 2011

Jenis-jenis Layanan INTERNET

Jenis-jenis Layanan INTERNET
Electronic Mail (E-Mail)
Fungsi: Mengirim atau menerima surat ke/dari seluruh penjuru dunia.
Sebagai pemakai Internet, Anda dapat mengirim dan menerima pesan dari pemakai Internet lain dari berbagai penjuru dunia. Namum selain pesan-pesan pribadi, dengan E-mail dapat juga mengirim dan menerima file binary. Maka secara virtual Anda dapat mengirim dan menerima segala tipe data. Sistem mail Internet adalah tulang punggung
(dan motivasi awal) dari internet itu sendiri. Untuk dapat menerima surat elektronik, Anda harus memiliki kotak pos (mailbox) untuk menampung surat-surat yang masuk sebelum Anda sempat menbacanya. Sebuah kotak pos elektronik (electronic mailbox) sama dengan kotak pos dikantor pos. Siapapun bisa mengirim surat ke kotak pos, tetapi hanya pemiliknya yang bisa meneliti dan membuang isi kotak surat tersebut.

Internet Relay Chat (IRC)
Internet Relay Chat/IRC merupakan fasilitas untuk komunikasi langsung dengan menggunakan keyboard. Anda dapat ambil bagian dalam komunikasi publik dengan sekelompok orang. Atau, jika Anda inginkan, Anda dapat menggunakan IRC untuk mengatur komunikasi pribadi dengan orang-orang tertentu, yaitu sejenis teleconference.

Internet Phone/Conference
Fasilitas untuk melakukan percakapan jarak jauh via Internet, untuk itu diperlukan aplikasi khusus dan dukungan Hardware multi media.

Wais Server
WAIS (Wide Area Information Service) menyediakan cara lain untuk menemukan informasi yang tersebar dalam Internet. WAIS mampu mengakses segala database yang besar (seperti dokumen, file berisi gambar, video dan suara).

Gopher
Internet menyediakan banyak informasi yang dapat diakses penggunanya lewat sistem menu. Seorang pengguna Internet dihadapkan pada sebuah menu yang bercabang-cabang. Untuk menuju ke informasi atau data yang dituju, seorang pengguna menyeleksi pilihan-pilihan yang disediakan hingga masuk ke topik yang diinginkan. Fasilitas demikian disebut Gopher.

Mailing List
Fasilitas ini dibangun menggunakan teknik yang sama dengan proses penyebaran surat elektronik. Dengan menggunakan fasilitas ini, sebuah berita/file dapat didistribusikan ke banyak pengguna sekaligus. Bahkan penggunanya dapat melakukan diskusi, seminar, ceramah, konferensi secara elektronik tanpa terikat dimensi ruang dan waktu. Diskusi dapat berlangsung setiap hari tanpa henti. Hasil yang diperoleh akan jauh lebih efektif daripada penyelenggaraan seminar/konferensi konvesional.

Jaringan 
Adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama untuk tujuan yang sama. 

e-learning 
Adalah cara baru dalam proses belajar mengajar.  

Http 
Adalah kode yang dituliskan pada awal site, untuk menjelaskan program webbrowser bahwa protokol (antarmuka) yang digunakan adalah Http.


w.w.w
Merupakan istilah yang digunakan dalam internet untuk awal. 


Chatting 
Merupakan layanan darin internet yang digunakan untuk bercakap-cakap. 


Gopher 
Adalah program berbasis teks yang digunakan untuk mem-browser. 


FTP
 Protokol (antar muka) yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file dari komputer lain atau sebaliknya. 

POP3
Suatu protokol yang berfungsi untuk menarik atau mengambil e-mail dari server e-mail yang digunakan.   

PING 
Sebuah program utilitas yang dapat digunakan untuk memeriksa induktivitas jaringan berbasis teknolohi TCP/IP. 

TELNET 
Sebuah protokol jaringan yang digunakan pada internet atau Local Area Network untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal. 

TCP/IP 
Merupakan standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lainnya didalam jaringan internet. 

e-commerce 
Adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan perdagangan atau transaksi perbankan elektronis di internet.  
e-banking 
Adalah aktifitas perbankan di internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar